Selasa, 14 September 2010

Menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain

 Saya teringat ketika mencari seseorang yang biasa saya butuhkan bantuannya dan ternyata orang yang saya cari tidak ada,kemudian saya berusaha mencari karena cuma dia yang benar-benar dapat membantu dan menolong saya karena ketulusannya.Mungkin anda pernah mengalaminya juga..?

  Sebenarnya tanpa kita sadari orang tersebut sangat begitu berharga keberadaanya buat kita.Ketika orang yang kita cari tidak ada barulah terasa betapa kita memang membutuhkannya.Apalagi bantuan dan pertolongan yang kita ingin dapatkan dari dia dibutuhkan saat itu juga.Hanya dia saja yang sanggup menolong dan siap membantu kita tanpa pernah menolak.
Ketika orang tersebut telah pergi jauh dan tak akan pernah kembali karena telah di panggil oleh allah,pasti kita akan merasa sangat kehilangan sekali.Tidak ada lagi orang yang bisa membantu kita yang sebaik dia.
  Orang yang dikatakan berharga dihadapan orang lain adalah orang yang mempunyai manfaat buat kehidupan orang lain disekitarnya.Kehadiran dirinya sangat dinanti-nanti banyak orang.Keberadaanya selalu dicari-cari karena dia selalu dibutuhkan.Banyak orang tertarik dan menyukai karena kebaikannya.
Disini saya memcoba berbagi cerita tentang ciri-ciri orang yang berharga dan bermanfaat buat orang lain.Ciri-ciri tersebut adalah..

    -Ringan tangan/suka menolong
Selalu membantu seseorang dalam kesulitan tanpa diminta dengan iklas dengan tenaga dan keahlian yang dia punya.
Anda pasti pernah meminta tolong pada teman dan tetangga atau siapapun yang selalu bersedia membantu.Seperti membetulkan kabel listrik lampu yang mati,memperbaiki sepeda motor yang mogok,HP yang eror,compor,computer atau apapun yang menurut anda orang tersebut bisa memperbaiki dengan keahliannya tampa meminta balasan atau bayaran.Dia dengan tangan terbuka siap membantu kita.
Kalau wanita biasanya bila ada tetangga yang punya hajatan baik pernikahan atau perkawinan,dia selalu ada membantu siang dan malam.Membantu memasak,berbelanja,membuat kue,dan lain-lain.Ada lagi yang suka membantu merias,menjahit  semua pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan keahliannya dia kerjakan dengan iklas.

    -Suka memberi solusi jika kita punya masalah.
Jika ada seseorang mempunyai masalah dia selalu mau mendengarkan dan memberi solusi yang terbaik bagaimana menyelesaikan masalahnya.
Saya mempunyai seseorang nenek yang sering menjadi tempat curhat bagi saudara dan tetangganya (nenek saya sudah meninggal beberapa tahun yang lalu dan banyak sekali orang yang merasa kehilangan). Segala macam masalah biasanya diceritakan kepada nenek.Waktu curhat sering saya melihat mereka sampai menangis berurai air mata dihadapan nenek.
Nenek selalu mendengarkan dengan penuh perhatian setiap mereka curhat dan berkeluh kesah.Setelah mereka berkeluh kesah biasanya nenek memberi wejangan dan solusi yang terbaik buat mereka.Kemudian mereka pergi dengan lebih tenang terlihat dari raut wajahnya.

    -Suka beramal
Suka membantu saudara dan tetangganya yang sedang kesusahan baik itu berupa uang atau benda yang memang dibutuhkan dengan iklas.
Saya pernah menyaksikan orang yang terpandang atau mampu tanpa ragu-ragu sering membantu orang disekitarnya.Dia suka membagikan beras dan uang.Terkadang membelikan segala bahan yang dibutuhkan untuk acara-acara RT dilingkungannya.Orang-orang disekitarnya sangat menyukai dia malah mereka begitu hormat atas kebaikanya.
Saya juga mempunyai banyak teman yang suka mentraktir dan mereka banyak disukai teman-teman.Bukan karena uangnya tetapi karena memang dia terkenal karena kebaikannya.Dia suka mentraktir karena membagi-bagikan rejeki yang dia dapat dari pekerjaanya.

    -Suka membuat orang lain gembira dan tertawa
Orang yang biasanya kumpul bersamanya merasa betah karena pembawannya yang bisa menghangatkan dan menghidupkan suasana.
Kita pasti pernah mempunyai teman yang suka bercanda.Apabila kita sedang susah atau sedih dia kadang dapat menghibur kita dengan lelucon-leluconnya.Kita tidak mempunyai masalahpun dengan kehadirannya suasana menjadi lebih hidup.Apabila teman kita yang suka bercanda ini tidak ada maka suasana kurang begitu ramai alias sepi.Setiap kehadirannya selalu dinanti-nanti.Tidak ada orang yang bosan saat bersamanya.

Nah sekarang apakah kita ingin menjadi orang yang bermanfaat buat orang-orang disekitar kita…?
Menjadi orang yang bermanfaat buat orang lain bukan diukur dari kekayaan yang kita punya,tetapi memberikan kemampuan yang ada dalam diri kita untuk kebaikan orang lain.
Tahukah anda apa bila kita menjadi orang yang tidak mempunyai manfaat buat orang-orang disekitar kita..? begitu kita datang mereka biasa saja,begitu kita pergi tidak ada yang terlalu istimewa.Ada kita dan tidak ada kita sama saja.Kita tidak terlalu dibutuhkan malah mungkin banyak orang menghindar dari kita.

Dengan menjadi orang yang bermanfaat buat orng lain kita semakin dihargai dan dibutuhkan.Semakin banyak orang yang menyukai kita semakin banyak kebaikan yang kita dapat.Apa bila nanti kita tiada hanya kebaikan yang mereka kenang tentang kita…

Mudah-mudahan kita semua menjadi orang yang bermanfaat untuk hidup orang lain dengan iklas dan apa adanya...


             ...bang J.September2010..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar