Senin, 23 Agustus 2010

Cara mengatasi masalah

Mungkin diantara kita pernah mendengar seseorang berkata ”kenapa saya selalu di rundung masalah..hah..!” atau  “masalah lagi masalah lagi...kenapa masalah saya tidak pernah habis-habis sih…!!!”.
Kalimat-kaliiamat keluh kesah atau amarah seperti yang diatas kadang tampa disengaja kita dengar atau jangan-jangan kita sendiri yang pernah berkata-kata seperti itu.
   Ada yang bilang hidup ini terasa berat,berat apa bila dalam menjalani kehidupan kita dilanda suatu masalah dan masalah tersebut datangnya bertubi-tubi.Kepala terasa berat seperti mau pecah,susah tidur,hidup tak tenang selalu gelisah pusing tujuh keliling kata orang.
   Masalah bisa membuat keseharian orang yang mendapatkan masalah bisa berubah dan itu tampak nyata dari raut wajahnya.Kelihatan kusut dan kusam,suka merenung atau melamun.Mereka yang biasanya ceria tiba-tiba berubah jadi pendiam jarang bicara,orang yang biasanya penyabar menjadi sensitive,emosional dan meledak-ledak.Kalut seperti orang linglung,bahasa kerennya STRES,malah kadang menjadi gila.Dan yang lebih gawatnya lagi mau bunuh diri.Anda pernah mendengar dan melihat disurat kabar maupun di televisi banyak orang bunuh diri gara-gara tidak kuat menghadapi masalah.
    Kalau kita renungkan secara mendalam hidup didunia ini harus dan pasti punya masalah.
Lho ko’ harus….???? Gimana..to..???
   Coba kita renungkan sejenak pada awal proses kelahiran kita sampai menjadi dewasa.
Sewaktu kita masih didalam kandungan kita sudah memberikan masalah baru bagi kedua orang tua kita.Bagaimana mereka menjaga kita dari usia kandungan satu bulan sampai kita dilahirkan.Tentunya merupakan masalah buat kedua orang tua kita.Mereka was-was dan selalu berpikir apakah nanti kita dilahirkan sehat-sehat saja,berapakah biaya yang dikeluarkan nanti buat proses kelahiran kita dan lain-lain.Disini masalah datang untuk kedua orang tua kita…..
   Ketika kita baru dilahirkan sampai usia balita masalah datang lagi buat mereka.Bagaimana kedua orang tua kita membesarkan dan menjaga kita siang dan malam.Kurang tidur,kurang istirahat bermacam-macam keluhan yang disebabkan oleh keberadaan kita.Tetapi semua dilakukan agar kita dapat tumbuh dengan sehat,dapat berjalan dengan normal,dapat berbicara dengan lancar,dapat mendengar dengan normal.
   Apabila dalam masa pertumbuhan ini terjadi sesuatu hal yang tidak mereka inginkan,akan menibulkan masalah lagi bagi mereka.Menjaga dan merawat kita sudah membuat masalah apalagi ditambah terjadi hal-hal yang menggangu pertumbuhan kita.Tentu masalah besar bagi kedua orang tua kita
   Beranjak memasuki usia sekolah taman kanak-kanak sampai lulus sekolah sarjana,kita memberikan masalah lagi bagi kedua orang tua kita.Bagaimana mencari uang atau biaya buat anak agar bisa sekolah sampai tinggkat yang paling atas bisa dilalui semuanya.Biaya lagi biaya lagi masalah lagi masalah lagi…
Belum lagi memikirkan kita akan naik kelas atau tidak apakah kita akan lulus atau tidak.Coba diingat-ingat bagaimana was-wasnya mereka disaat kita kenaikan kelas dan kelulusan.Masalah-masalah lagi
   Setelah kita lulus smu atau sarjana,lagi-lagi muncul masalah buat mereka.Apakah kita akan mendapatkan pekerjaan,apakah kita masih menganggur,apakah kita bisa membantu kehidupan ekonomi mereka,apakah kita bisa menjadi orang sukses dan membahagiakan mereka…iya kan...?
   Pada saat kita sudah mendapatkan pekerjaan sekali lagi datang masalah buat mereka.Apakah kita atau anak mereka menemukan jodohnya,kenapa kita masih belum menikah-menikah juga,manakah calon mantunya,kapan sih kamu mau menikah...?
Ketika kita menikahpun masalah timbul lagi buat mereka,mengapa istri kita belum hamil-hamil kalau kita laki-laki,tapi kalau kita perempuan kenapa kita belum hamil juga,pada hal mereka sudah ingin menimang cucu….masalah lagi masalah lagi…selalu ada saja yang membuat mereka kepikiran tentang kita atau anak-anak mereka.
  Kemudian berputar kembali ketika kita menjadi posisi seperti kedua orang tua kita kembali masalah berputar seperti urutan yang diatas…tidak ada habisnya kawan...
  Jadi memang masalah tidak akan pernah habis dan selesai pasti muncul masalah baru dari saat kita masih dalam rahim ibu sampai kita matipun kadang memberikan masalah bagi orang yang masih hidup.
   ahhh…tapikan itu masalah yang diatas sudah umum dan yang menjalani masalah tersebut sudah kewajibanya dan iklas….bagaimana dengan masalah yang lain yang lebih berat?
   Berat tidaknya suatu masalah tergantung bagaimana kita menyikapi,kalau kita tidak berani menghadapi dan lari dari masalah tersebut kita akan selamanya merasa masalah itu berat,tetapi kalau kita berani menghadapi masalah itu menjadi ringan.Kenapa bisa seperti itu? Disaat kita lari dari masalah kita tidak akan pernah menemukan solusi dari masalah itu sendiri,tetapi kalau kita hadapi masalah itu secara tidak terduga kita menemukan jawaban atau jalan keluar yang tidak disangka-sangka.
Lari dari masalah kedewasaan kita tidak akan pernah berkembang karena masalah membuat orang semakin dewasa.Menyepelekan masalah juga tidak baik karena membuat kita tidak mau perduli dengan apa yang terjadi dan ketidak pedulian itu menyebabkan kita menjadi egois.Mencari-cari masalah atau menantang masalah juga tidak baik karena akan membuat kita menjadi sombong.
   Hadapi masalah dengan lapang dada,dengan cara yang bijak,iklas menerima kenyataan sambil terus berpikir mencari jalan keluar.
   Lapangkanlah dada dan seyakin-yakinnya berpikirlah bahwa setiap masalah yang diberikan kepada umat manusia adalah bersumber dari allah.Allah memberikan masalah bagi umatnya pasti ada maksud dan tujuan,apakah sebagai ujian,cobaan dan hukuman.Setiap mendapatkan masalah kita kembalikan kepada diri kita dan sambil mengingat allah.Intropeksi diri apakah kita pernah berbuat salah dan dosa yang teramat besar ? Kalau tidak berpikirlah ini merupakan ujian dari allah untukmeninggikan derajat kemuliaan umatnya dihadapan allah apabila kita berhasil melalui dan menjalani segala ujian dan cobaan yang diberikan oleh allah dengan lapang dada dengan iklas.
   Yakinkanlah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.Yakinkanlah setiap masalah pasti ada pembelajaran,ada hikmah dibalik semua itu.selalu ingatlah segala sesuatu dilangit dan bumi kepunyaan allah dan allah bisa mngambil kapanpun yang ia mau.
Jika kita sudah bisa mngatasi dan memahami setiap masalah dengan benar serta bijak tidak ada masalah yang bisa membuat kita jatuh dalam keputus asaan,penyesalan yang berlarut-larut.
   Ahirnya jika masalah itu datang kita sudah siap menghadapinya dengan gagah berani.
Ingatlah kita hidup didunia yang segala sesuatunya diperoleh dengan perjuangan semenjak jaman dari nabi adam dan hawa.Berapa banyak masalah yang harus dilalui untuk mempertahankan hidup.Kita bukan hidup disurga yang segala sesuatunya kita peroleh dengan mudah tampa masalah karena semuanya telah disediakan oleh alah swt....
   Agar kita tidak terlihat sombong dihadapan allah ada baiknya kalau kita berdoa kepada allah agar kita dijauhkan dari masalah walaupun kita sudah siap menghadapi masalah yang diberikanya.Berdoalah agar masalah tidak membuat kita tersesat menjalani hidup yang cuma sesaat ini.Apabila kita memdapatkan suatu masalah berdoalah agar kita diberi kemudahan untuk menyelesaikan dijauhkan dari segala kesulitan.
   Berdoalah kepada allah agar kita diberi cobaan  yang indah seperti diberi tubuh yang sehat hidup yang makmur.Tubuh yang sehat dan hidup yang makmur adalah cobaan dari allah yang indah.
Berapa banyak orang yang tubuhnya sehat lupa kepada allah,berapa banyak orang yang hidupnya makmur tapi lupa kepada allah...Berapa banyak orang yang sehat justru memberikn masalah bagi orang disekitarnya karena kelakuanya,berapa banyak orang yang hidupnya makmur tetapi kikir tidak memberi manfaat apa-apa bagi orang disekelilingnya...dan mudah-mudahan kita tidak  seperti mereka.....amien...

    Contoh-contoh masalah yang menurut beberapa orang terasa berat:
1.Kehilangan harta benda secara tiba-tiba karena bencana alam,hilang,dirampok,ditipu
2.Ditinggal pergi/mati istri,suami atau anak orang-orang yang mereka sayangi
3.Diputus dan ditinggal sang kekasih karena cinta yang sudah terlanjur dalam
4.Cita-cita yang kandas atau gagal tidak kesampaian
7.Menderita penyakit yang tidak kunjung sembuh
6.Dll...(hanya kamu yang tau dan merasakan mana yang menurut kamu masalah  itu berat)

              ....Selamat berjuang........menghadapi masalah....
  
                                                             @by_Jnal
                                                      Bws,23 agustus 2010

2 komentar:

  1. nall.. zaenal.... engko tak track di bloggku lek aku wis posting 5 tulisan yho.. iki sek siji'e ahahahaha sabar Nall

    BalasHapus
  2. oke ndok g pp mudah2an tulisanku bermanfaat buat orang2 yg membaca di blogmu...kreasikan karyamu..slamat berkarya...

    BalasHapus