Selasa, 24 Agustus 2010

JATUH CINTA

    Cinta itu ibarat samudra yang tidak akan pernah habis kita kuras,banyak sekali yang bisa dibahas.Bermacam-macam jenis cinta,membuat banyak topik yang menarik yang bisa digali dari sebuah kata yang bernama cinta.Ada cinta sejati,cinta buta,cinta napsu,cinta monyet,cinta segitiga,cinta mati,cinta pada pandangan pertama,cinta yang menyakitkan,cinta yang membahagiakan dan lain-lain.
   Disini  mencoba berbagi cerita tentang rasa cinta pada umumnya,yaitu perasaan cinta yang terjadi pada manusia terhadap lawan jenisnya.Dimana cinta merupakan kebutuhan dasar semua manusia sebagai mahluk hidup ciptaan tuhan yang secara alami dimiliki dan  juga dibutuhkanya.

Cinta itu apa...
    CINTA ..hmmm...Semua pasti tau apa itu cinta,kita tidak bisa berbohong mengatakan tidak tau cinta atau cinta itu apasih….kecuali anak-anak kecil yang belum mempunyai daya pikir untuk memahami apa yang mereka rasakan dan mereka pikirkan.
Berapa banyak lagu yang membahas tema cinta diseluruh dunia.tetapi tidak pernah habis dan bosan-bosanya lirik lagu tentang cinta dibahas dan ditulis berulang-ulang.Berapa banyak film dan sinetron yang bertemakan cinta yang dibuat dari dulu hingga sekarang masih tetap saja ada.
Ibaratnya tidak ada kata mati untuk cinta….ciehhhh..
    Cinta itu kata yang sederhana tapi mempunyai makna yang sangat luas,dia bisa berarti menyukai,menyayangi,ingin memiliki,ingin dicintai dan masih terlalu banyak makna yang bisa diungkapkan tentang kata cinta.Cinta itu adalah RASA yang secara tiba-tiba hadir tidak tau kapan datangnya tampa permisi begitu saja ada dan kita tidak akan pernah bisa mengusirnya kecuali oleh waktu.Memang sebenarnya rasa cinta itu hadir melalui suatu proses yang tampa kita sadari rasa cinta itu timbul perlahan namun pasti.
   Apasih rasa cinta itu??...Tidak bisa dipungkiri rasa cinta itu adalah perasaan menyukai dan menyayangi serta ingin memiliki seseorang yang menimbulkan sensasi yang luar biasa bagi mereka yang mengalaminya.Hari-hari mereka dipenuhi suatu sensasi perasaan yang sulit dimengerti,tetapi ada bergejolak didalam dada.meletup-letup seperti lava gunung berapi yang kadang mematikan akal sehat seorang manusia..ha..ha..ha..masak sih..

Sensasi jatuh cinta...
  Secara umum sensasi yang ditimbulkan rasa cinta yang luar biasa itu relatif sama walaupun dialami oleh orang yang berbeda-beda.Setiap kita bertanya pada orang yang sedang dilanda perasaan cinta jawaban mereka selalu sama.Seperti penyakit,tanda-tanda atau gejala yang ditimbulkan sudah bisa ditebak dan diketahui mereka menderita penyakit apa.
Seperti apakah sensasi-sensasi itu? Jujur saja kita pasti menjawab…

     Tiba-tiba muncul rasa sayang
     Ingin selalu bertemu dan memiliki
     Timbul perasaan rindu jika tidak bertemu
     Ingin diperhatikan
     Ingin dicintai
     Suka senyum-senyum sendiri
     Suka cari perhatian didepannya
     Segala sesuatu tentang dia menarik untuk diketahui
     Salah tingkah bila didepannya apa bila kita diperhatikan
     Bahagia sekali kalau dia kirim sms dan menelpon
     Senang rasanya bila kita berdua bersama ngobrol dengannya
     Cemburu dan marah tanpa sebab yang jelas
     Suka dengerin lagu-lagu mellow sambil bayangin wajahnya
     Suka melamun membayangkan wajahnya disaat lagi sendiri
     Kadang tidak tau harus bicara apa dihadapannya
     Punya hoby baru suka menulis dibuku diary
     Jadi rajin dan semangat pergi kesuatu tempat karena bisa
     bertemu dengannya
     Ada yang bilang tidur tak nyenyak makan jadi enak
     …he..he..he.. salah ya…

dan masih banyak lagi perasaan-perasaan yang penuh sensasi yang terlalu banyak untuk diungkapkan tetapi tidak cukup untukdituliskan di catatan ini…hmm..cinta sungguh luar biasa bukan…

   Perasaan menyukai seseorang yang meninbulkan sensasi yang luar biasa itu terangkum dalam sebuah kata yang disebut CINTA,sedangkan orang-orang yang mengalami perasaan tersebut disebut sedang JATUH CINTA
Jadi ada benarnya pepatah yang mengatakan jatuh cinta itu berjuta rasanya.,jatuh cinta itu indah.ha..ha..ha..,lho ko’ketawa…? soalnya benar dan pernah tau rasanya..he.he.
Ada yang lebih exstrem mengatakan maaf,tai kucing rasa coklat yang mengambarkan bagaimana perasaan orang yang sedang jatuh cinta tidak bisa membedakan mana yang manis mana yang pahit..,apakah tai kucing pahit..ha..ha.. silakan mencobanya sendiri…ha..ha

Kapan pertamakali jatuh cinta ...
   Pertama kali mengalami yang namanya jatuh cinta?
Setiap orang pasti berbeda-beda.
Ada yang mengatakan pertama kali jatuh cinta pada waktu masih disekolah dasar,ada pula yang baru merasakan disekolah menengah pertama,bahkan ada yang baru mengenal cinta ketika baru diskolah SMU.Bermacam-macam kapan pertama kali mereka jatuh cinta.
Kalau anda sendiri kapan pertama kali jatuh cinta????
Sebentar,hah…waktu masih SD..apa?? kenapa tidak,cinta datang tidak mengenal usia baik muda maupun dewasa.kakek nenekpun bisa jatu cinta.Seseorang bisa jatuh cinta ketika dirinya sudah sanggup berpikir dam memahami apa yang mereka rasakan.Walah cinta memang hebat ya.....
  Coba diingat-ingat pasti kita pernah jatuh cinta ketika masih disekolah dasar.menyukai adik kelas,teman sekelas atau kakak kelas.
Masih ingatkah kita kapan dan kenapa kita tiba-tiba mulai menyukai serta memperhatikan orang yang kita suka waktu usia kita masih belasan tahun.Mungkin karena mereka menarik,cantik barangkali,ganteng barangkali atau sepertinya dia asik,imut,cuek,keren,pintar kemudian kita malu-malu mencuri-curi pandang kepadanya.Dan dihari-hari berikutnya kita jadi semangat sekolah agar bisa bertemu dengan sidia.kemudian kita bersusah payah mencari informasi semua hal tentang dirinya.Segala sesuatu tentang dirinya mengusik perhatian kita.Ha..ha..ha kecil-kecil sudah jatuh cinta...seru bukan..?
Tapi memang itulah kenyataannya...cinta tidak mengenal usia....
  Setelah berganti masa selepas dari sekolah dasar pada saat kita melangkah menuju tahap sekolah selanjutnya,yaitu smp dan smu masa-masa jatuh cinta itu datang lagi.
Dimasa ini kita lebih jelas mengingat kepada siapa-siapa saja kita jatuh cinta,bagaimana kita bisa menyukai seseorang,karena faktor daya ingat ketika dewasa lebih kuat apa lagi jarak waktu tidak begitu lama.Coba kita ingat-ingat berapa orang yang yang pernah ada dihati kita yang sempat membuat kita jatuh cinta dari masa smp hingga smu.Pasti anda bisa mengingat semuanya.tidak perduli cinta itu berjalan mulus atau tidak.
  Tidak jauh berbeda dengan ketika masih sekolah dasar pada tahap ini perasaan jatuh cinta masih sama.Maksudnya sama,klo tidak teman sekelas,adik kelas atau kakak kelas,eh tunggu dulu bahkan ada yang pernah kesem-sem sama gurunya lho…ayo ngaku..
Ada beberapa juga sih yang menyukai seseorang yang beda sekolah.Dimasa ini kita lebih berani menunjukkan ketertarikan atau rasa suka pada seseorang dengan terang-terangan.Kirim salam,kirim sms,brani nelpon pokoknya bagaimana caranya bisa kenal dan dekat dengan si dia.
  Selain kita lebih berani menunjukkan ketertarikan pada masa ini kadar emosional juga tumbuh dengan pesat dan ikut terlibat mempengaruhi perjalanan cinta.Jadi yang membedakan jatuh cinta disekolah dasar dengan jatuh cinta dimasa ini adalah turut berperan sertanya emosional seseorang yang terkadang sulit dikontrol.

Rasanya jatuh cinta...
  Sudah sering kita dengar dan mengalami sendri bagaimana rasanya jatuh cinta dengan orang yang kita cintai menerima cinta kita.Hidup bagai disurga bahagia tidak terkira,tertawa-tawa bahagia.Menceritakan semua kepada teman-teman kita agar merasakan betapa bahagianya kita.Tiada hari tampa berdua dengan dia.Tidak ada habisnya pulsa ada saja yang bisa kita dapatkan untuk membeli pulsa agar dapat berhubungan dengan sidia.Selalu saja ada waktu buat berdua dengan sidia.Apapun yang dia minta pasti kita beri yang penting si dia tetap ada disisi kita.Nah disinilah berapa banyak wanita terjebak atas nama cinta memberikan segala kehormatannya.Berapa banyak laki-laki berkorban melakukan apa saja yang diinginkan si wanita.
Kata orang surga cuma milik kita berdua..ha..ha..yang lain minggir dulu tidak usah ikut....emosi kebahagiaan yang ingin rasanya bisa diketahui dan diumumkan kepada orang diseluruh dunia..he..he..Hari-hari yang selalu diliputi kebahagian,keceriaan penuh semangat tidak ada air mata...

   Tapi ketika perasan cinta tak bersambut bertepuk sebelah tangan...BLARRRR..!!! seperti petir menyambar disiang bolong kita akan terjatuh lemas tak berdaya.Seribu perasaan yang menyakitkan berkumpul didada.Ada sedih,kecewa,sakit hati.malu,marah....(coba bantu saya menyebutkan perasaan yang menyakitkan ini..he..he..anda tentu pernah mengalaminya bukan..).Disinilah emosi yang meledak-ledak yang mulai tak terkontrol mulai mempengaruhi kita.Tidak perduli laki-laki maupun perempuan.Yang biasanya selalu ceria tiba-tiba menjadi pendiam,yang biasanya,yang biasanya wajahnya berseri-seri tetapi suram mata sembab karena habis menangis.Yang biasanya suka bercanda tiba-tiba menjadi orang yang sensitif.Ada yang gara-gara ditolak cintanya sampai nekat mau bunuh diri,mengiris-iris tangan pakai benda tajam,mengemis-ngemis berulang kali minta agar cintanya diterima.Masak si sampai segitunya...he..he..apa jawab mereka,"kamu enggak ngerti betapa sakitnya..malu tau...!!".kan masih banyak cewek lain atau cowok lain,"Cintaku itu cuma sama dia seorang tau..enggak ada yang bisa menggantikanya..!!"
Wow..sekali lagi cinta memang dasyat dan luar biasa...he..he..
Memang pada masa puber ini emosional seseorang masih sulit dikontol masih labil mudah hanyut terbawa arus kekanan dan kekiri,dibelahan bumi manapun sama saja.Pada masa ini tindakan kita cenderung nekat berpikir pendek semua yang diinginkan harus terlaksana.Pada masa ini yang dibutuhkan adalah orang yang bisa membimbing dan menasehati baik itu dari teman,sahabat terutama orang tua.

Hal-hal yang mempengaruhi jatuh cinta...
   Kembali lagi kemasalah cinta...
   Selain itu pada tahap ini hormon sexsual manusia juga telah muncul tumbuh dan berkembang mempengaruhi cara berpikir yang kadang didorong oleh napsu atau istilahnya masa puber.Cobalah dengan jujur kita ingat apakakah kita pernah menyukai seseorang karna bentuk fisk yang menarik..pasti ada bukan..
wah dia cantik sekali ya…,wah dia ganteng sekali…,wah tubuhnya sexy…,wah badanya atletis…..wajar dan manusiawi itu tandanya hormon sexsual kita bekerja normal.Perasaan cinta yang tulus ini juga sangat dipengaruhi oleh daya tarik sexsual kadang berubah haluan menjadi cinta napsu,baik laki-laki maupun perempuan.Pada tahap ini hormon sexsual manusia yang lagi berkembang mengakibatkan seseorang memandang kemudian kemudian menyukai lawan jenisnya karena rangsangan sexsualnya.
Dan disinilah diperlukan kehati-hatian seseorang yang sedang dilanda jatuh cinta untuk melihat pasangannya benar-benar mencintai dirinya dengan tulus atau sekedar napsu belaka.Tapi kawan setiap orang pasti memiliki napsu dan semua itu wajar karena napsu juga diberikan oleh sang pencipta begitu pula dengan cinta  tetapi bagaimana cara kita agar tidak dikendalikan oleh napsu dan cinta.

Cinta yang apa adanya...
   Tapi ingat penyebab orang jatuh cinta bukan semata-mata karena bentuk fisik saja.Pasti kalian pernah mengalami jatuh cinta kepada seseorang yang dari segi fisik biasa-biasa saja.Cantik juga tidak,ganteng juga tidak,tajir juga tidak,malah anak orang yang biasa-biasa saja..tapi kenapa bisa jatuh cinta sama dia ya….
Salah satu penyebab jatuh cinta karena ada sesuatu yang menarik dan unik dari pribadi orang tersebut.Ada suatu kharisma yang terpancar pada diri orng yang disukai.
Disaat masih belum memiliki perasaan apa-apa dengan orang yang kita cintai tapi karena sering bertemu kita bisa jadi jatuh cinta.lho ko’ bisa…
Coba perhatikan,pada saat kita bersama dia,dia selalu membuat kita tertawa,dia selalu membuat kita gembira dia selalu bisa membahagiakan kita,dia selalu mengoda kita ada saja yang membuat dia usil menggoda kita.Klo lagi ngobrol bisa nyambung.
Coba renungkan  disaat dia tidak lagi bersama kita,ada sesuatu yang beda,merasa sepi karena tidak ada yang menghibur kita,tidak ada yang menggoda kita,tidak ada yang membuat kita tertawa terpingkal-pingkal.Hingga ahirnya timbul rasa kangen rindu setengah mati disaat dia menghilang dari hadapan kita dalam waktu yang cukup lama.Sedangkan rasa kangen atau rindu itu merupakan bibit-bibit cinta.Pada saat dia ada tiada hari tampa petualangan karena dia sosok yang cuek,asyik dan menarik bisa membuat hari-hari kita jadi seru..masak sih...ha...ha..ayo ngaku..ayo ngaku...
    Ada beberapa lagi penyebab kenapa kita jatuh cinta karena dia merupakan sosok yang baik,mau mendengarkan segala keluh kesah kita.bisa menasehati ,membimbing dan membantu disaat kita lagi susah.Dia selalu ada ketika kita sedang rapuh butuh teman bicara,butuh teman bercerita.Dia bisa melindungi disaat kita lagi terjatuh,dia begitu perhatian,dia begitu lembut,dia begitu romantis dan sebagainya.Sampai ahirnya membuat kita diam-diam mencintainya.
   Disini kita menyukai seseorang keluar apa adanya tanpa ada ketertarikan bentuk fisik.Mengalir begitu saja tampa ada sesuatu yang direncanakan.

    Itu hanya sebagian kecil yang bisa membuat orang jatuh cinta tetapi masih banyak lagi cerita yang bisa kita dengar mengapa orang jatuh cinta.Coba pikirkan lagi apa penyebab anda jatuh cinta dan menyukai pasangan anda adakah sesuatu yang menarik atau cuma standart-standart saja,pasti ada cerita yang menarik dibalik itu.
   Tapi pada dasarnya JATUH CINTA ITU MENARIK dan mempunyai SENSASI tersendiri.Tidak ada sebuah perasaan yang bermacam-macam selain perasan jatuh cinta.Kalo kata bahasa iklan adalah seperti permen nano nano rame rasanya...he..he..

     Cinta datangnya tidak disangka-sangka kapan dia hadir tau-tau cinta sudah ada.
     Mencintai seseorang tidak mengenal perbedaan,tidak memandang ras,suku,bangsa dan agama
     Cinta datang tidak akan pernah bisa dihindari dan ditutupi,begitu dia datang langsung bersarang dan butuh waktu lama untuk pergi.
     Janganlah berusaha berlari menjauh dari cinta karena semakin jauh kita hindari semakin dekat dia mendekat,hanya waktu yang bisa menghapus perasaan cinta perlahan tapi pasti
     Cinta merupakan anugerah dari sang pencipta yang diberikan kepada mahluknya agar diantara kita saling mengasihi dan menyayangi dijauhkan dari segala permusuhan.
     Apakah salah kita jatuh cinta? Tidak ada orang yang salah dalam jatuh cinta karena semua terjadi diluar kehendak kekuasan kita.Jatuh cinta yang salah adalah ketika kita menjadi budak dari cinta yang membuat kita terperosok dalam lubang kenistaan.
     Ketika mencintai seseorang sudah pasti berahir dengan rasa suka dan sayang,tetapi ketika suka dan sayang kepada seseorang belum tentu berakhir dengan cinta.


Cinta cuma sebuah kata yang terdiri dari lima huruf tapi menjadi sesuatu yang besar yang bisa menghancurkan seseorang yang besar.
Cinta kata yang terlihat sederhana tapi bisa membuat orang pintar menjadi bodoh
Cinta kata yang terasa lembut bila diucapakan tetapi bisa membuat orang yang keras menjadi tak berdaya
Cinta kata yang seolah tidak mempunyai kekuatan apa-apa tapi bisa membuat seorang penguasa menjadi jatuh hanya gara-gara cinta
Cinta sebuah kata yang  membuat orang bisa memberikan  semua  kehormatan yang dimilikinya demi mendapatkan cinta


Apakah anda sedang jatuh cinta...?
Selamat menikmati indahnya sensasi jatuh cinta....

                                                          jnal_bws,24 agustus 2010




2 komentar:

  1. he..he..seperti yg aku tulis diatas tadi cinta seluas samudra,jadi menulisnya g bisa setengah setengah hrus total..

    BalasHapus