Minggu, 05 September 2010

SUARA ADZAN yang MENGGETARKAN


(ilustrasi)
  Sehabis mandi setelah berbuka puasa aku istirahat sebentar sambil nonton tv.Ketika masuk kamar tv masih nyala,memang tadi sengaja tidak aku matikan.Acara di tv aku lihat  masih iklan sepertinya mau bersiap-siap mengumandangkan adzan magrib.Didaerahku adzan sudah terdengar sekitar 10menit yang lalu,jadi berbeda dengan di tv yang mengikuti waktu Jakarta.Tv yang kunyalakan kebetulan Metro tv yang bisa dibilang stasiun televisi favoritku.


   Ketika aku akan menjemur handuk didekat jendela kamarku suara adzan mulai terdengar ditelevisi.Tiba-tiba aku terdiam dan segera menoleh ke arah tv yang sedang mengumandangkan adzan.Aku menatap tajam ke tv.Kupasang telingaku dengan segera kearah suara adzan itu.Hatiku bergetar mendengar suara adzan itu.Suara adzan itu seolah-olah mengetuk dan menyentuh hatiku tiba-tiba ada suatu perasaan yang sulit dilukiskan.Aku tercengang diam membisu suara adzan membuat bulu kudukku berdiri sekujur tubuhku merinding.Suara itu dikumandangkan oleh suara anak kecil yang terdengar merdu sekali.Suaranya beda sekali dengan suara adzan yang biasa aku dengar.Aku dipenuhi perasaan terharu,bahagia,takjub dengan suara itu.Mataku berkaca-kaca.. seraya hatiku menyebut nama allah…subhanallah..subhanallah...maha suci allah...
  Suara adzan itu benar-benar menyejukkan hati....

   Bacaan demi bacaan yang terdengar dari suara adzan itu tak sedetikpun aku lewatkan hingga sampai bacaan suara adzan yang terahir.Setiap bacaan azan yang dikumandangkan aku renungkan dalam-dalam sambil mengingat keagungan allah...Suara adzan yang dikumandangkan oleh anak keci itu seperti memiliki aura yang dasyat sekali.Menyentuh sekali..membuat aku ingin menangis terharu..Subhanallah...

Ya allah begitu merdunya suara azan ini hingga membuat dadaku bergetar..
Ya allah betapa indahnya suara azan ini membuat sekujur tubuhku seperti tersengat aliran listrik tegangan tinggi..lemas tak berdaya...
Ya allah betapa dasyatnya suara adzan panggilan shalat ini sampai membuat mataku berkaca-kaca...

  Ketika suara adzan telah berahir,aku terduduk dipinggir ranjang kamarku merenungi kejadian yang baru saja aku alami.Aku dipenuhi perasaan yang bermacam-macam..bahagia,takut,terharu ah..tak bisa kulukiskan semuanya...
Kemudian aku jadi teringat sebuah cerita yang pernah aku dengar di televisi dan juga pernah baca surat kabar yaitu ada orang masuk islam hanya karena mendengarkan adzan magrib di tv.Mungkin seperti inilah perasaan mereka setiap kali mendengar suara adzan di televisi.Oh....subhanallah seperti inilah perasan mereka rupanya.Perasaan damai,terharu,merinding,menangis dan takut kepada allah juga merindukan allah.Subhanallah…allahhu akbar allah maha besar...

  Baru aku pahami tak ada suara dan nyanyian yang seindah suara bacaan al-quran dan suara adzan panggilan shalat yang dikumandangkan...

   Kemudian aku segera bergegas menunaikan shalat karena tadi aku memang menunda-nunda shalat…
Dalam shalatku kali ini kedamaian lebih terasa karena peristiwa tadi.Yang biasanya aku selalu tergesa-gesa dalam mengerjakan shalat tapi kali ini aku lebih khusuk...
Ya allah tiada kedamaian yang engkau berikan kecuali kepada orang yang mengingatmu dan mengerjakan shalat…..

                              …jnal.September2010

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar: