Rabu, 18 Agustus 2010

Setiap penyakit pasti ada obatnya

Malam itu itu seperti biasa aku nongkrong ditrmpat mae,untuk melewati malam malamku disana.seperti biasa aku ngobrol dan bercerita segala hal dengan mae.kemudian arah mataku memperhatikan sosok nenek yaitu mertua mae sedang asik ngobrol.tapi setelah agak lama aku perhatikan ada yang aneh pd mertua mae lebih enak aku panggil nenek.nenek seperti sedang berbicara sendiri dan kelihatan sibuk dgn kegiatannya yg tidak jelas,seperti membungkus Sesuatu tp tdk ada isiny.kemudian aku duduk didalam ruang tamu sambil
mengamati ulah nenek yang aneh itu.nenek berpaling kpdku trus mengajak ngobrol.tapi omonganya byk yg aku g mengerti,dia bilang bahwa ad suara yang selalu terdengar keras,seperti suara bayi menangis,suara orang lewat,suara tetangganya yang memanggil,msh banyak lg.aku mulai mengambil kesimpulan bahwa sinenek berhalusinasi.perlu diketahui bahw mae pernah bercerita kalo sinenek sering pergi kedukun,sinenek kedukun minta diobati atau cari obat buat penyakitnyanya.menurut nenenek badanya linu2 seperti ditusuk tusuk,pusing,lemas dan banyak lg.mae bercerita kalo nenek beranggapan penyakitnya berasal dari ulah tetanggany yg tidak dsisukai oleh nenek.jd nenek menggangap tetangnganya telah menyantet dia.setiap hari nenek selalu berpikir ttangganya trsbut mennggunagunai dia.
Mae sudah pernah menasehati jagan berburuk sangka tapi nenek tdak jg mengerti sampai mae malas sendiri capek katanya.ahirnya anak sinenek bernama sip yg merupkan anak bungsu no 2 berinisiatip membawa nenek kedokter,dokter minta nenek periksa darah.setelah periksa darah dokter mendiaknosa nenek banyak menderita penyakit  sepert kolesterol yg tinggi.darah tinggi,dll.jd semua mengambil kesimpulan bhw nenek bertingkah aneh krn penyakitnya.mereka jelaskan pd nenek tentang penyakitnya tp nenek tetep berpikir ttanggany yg menyebabkan semua penyakit ini.nenek ttap pd pendirianya.setelah aku amati dari cerita mae itu aku yakin sinenek mengalami depresi,tekanan batin akibat ulahnya ber buruk sangka kpd ttangganya.hidupnya tidak tenang selalu diselimuti ketakutan yg berlebihan setiap hari dan ahirnya stress jiwany terganggu…itu kesimpulanku.
Kemudian aku ngobro lg dgn mae,aku bilang mae harus berhenti mencari oboat atw pergi kedukun,sampai habis uanya nenek g akan sembuh.aku berkeyakinanan penyakit nenek sulit disembuhkan,terima dgn sabar  dan iklas.mae bilang biar saja toh uangy bukan pk uang mae ad yg kiirm uang yaitu anaknya yg ad diperantauwan.aku jg bilang kalo nenek ngajak ngobrol jawab aja iya iya sj.tp mae jg brkesimpulan kalo nenek stres.sebelumnya mae berpikir nenek terkena ganguan jin membuat mae takut tp aku bilang tidak ad jin nenek hanya stress atau depresi akibat ketakutnnya sendiri.
Jd aku yakin dgn kesimpulanku nenek menggalami deprsi nyaris gila dan sulit disembuhkan terima dgn iklas serta lapang dada..
Setelah beberapa hari….
Ada yg berubah pada nenek….
TERNYATA KESIMPULANKU SALAH…..
Nenek terlihat seperti sediakala g melakukan hal2 yang aneh lebih anteng,tenang,aku ajak ngobrol nyabung ya wajar2saja sprit dulu…
Waktu aku duduk dikursi luar yg menghadap kejalan sip anak nenek mengajak aku ngobrol,awlnya topik pembicaraan tentang pekerjaan,kemudian beralih ketopik penyakit yg diderita sinenek ibunya dia.sip bercerita bhwa dia diberitahu seseorang ad seorang kiayai yg bagus yg bisa mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit serta menganjurkan pergi kesana,tempatnya agak jauh dan terpencil,kiyai tersebur bernama kiyai salim.beliau seorang kiyai yg mmpunyai pondok pesrntren.ahirnya sip berangkat ktmpat kiyai trsebut bersama tetangganya menaiki sepeda motor,sip berangkat bertepatan dengan tahun baru kira2 jam 9-10 siang.
Sesampainya disana si menceritakan keluhanya,pak kiyai menayakan alamat sip.setelah ditelusuri trnyata p kiyai mengenal kakak kandung sip yg bernama samsul.ahirnya kmbali keproses pengobatan.jarak jauh krn sinenek tdk ikut,mnurut pak kiyai nenek sedang diikuti dan dimasuki 7 jin.itu yg menyebabkan nenek bertingkah aneh.jin memasuki tubuh nenek karena nenek sering membaca surat kiamat.menurut sip nenek sering mmbaca alquran dari malam sampai pagi diluar batas kewajaran.[aku berpikir dalam hati apakah salah kita membaca alquran walaupun membacaanya kelewt batas bukankah kita niat mencari pahala apalagi sambil berdoa.bukankah ayat2 suci tersebut turunya dari allah,tapi kenapa bisa menyebabakan kerasukan jin…ah entahlah sebuah pertanyaan yang harus dicari jawbanya..karena aku sering mendenagr berapa banyak orang yang jadi tidak waras karena membaca amalan yang bersumber dari alquran..,mungkin krn tujuan mrk jelek? Ah mask iya tujuan mrk jelek? Kalo nenek aku dengar dr sip membaca alquran sambil mendoakan anak2nya jd knp bisa begini ? apakah ada sebab lain?entahlah….]ahirnya pak kiayai membrikan sip kemenyan untuk dibakar dirumah tp sip kurang srek dia minta air putih juga.oh y mnurut sip dia ditebak knp dia tidak mencari jodoh saja ternyata p kiyai mengetahui kalau sip yg berkepala empat blum menikah.ad lg kejadian sip membatin kalo kopi yg disajikan santri beliau enak eh g tau pak kiyai memberikan kopi lg lewat santri tsb..jadi sip kagum akan mata batin p.kiyai tsb.dtmpat itu sip jg bertemu dgn pasien lain yg bercerita prnah kebun cabenya yang siap panen hilang dipanen orang,ahirnya yang punya kebun minta tolong pd pak kiyai,pak kiyai menyarankan suapaya besok pagi2 datang meliaht kebun.pagi2 dia kesana alangkah terkejutnya ada tiga karung cabe yg berada disana jd cabenya yg hilang dipanen orang telah dikembalikan.sip bercanda kan enak pak sudah dibantu memanen…ha..ha..
Pulang dari p.kiyai sip bercerita malamx dia mmbakar kemenyan memang smpat tampa sengaja aku meliaht sekilas wktu ak lg nongkrong dipinggir jln sip membakar sesuatu bersama nenek.
p.kiya bercerita nanti kalo dibakar nenek akan keliahatan bingung kesana kemari itu krn jin yg didalamnya akibat dibakar kemenyan.sebenarx batinku mengatakan kurang mempercayai pengobatan yg menggunakan kemenyan bukankah dalam agama islam tidak ada cara spt itu..tp wallahu alam..
ahirnya setelah dibakar kemenyan menurut sip nenek mulai berangsur2 angsur normal kembali seperti sedia kala,kalau aku amati memang iya da perubahan pd diri nenek.
Tp katasip msaih kurang puas krna nenek msh suka mendengar suara bayi menangis,jd dia akan kembali ke pak kiyai tersebut.aku anjurkan sip kalau mau kembali harus membawa nenek supaya lebih jelas dan afdol agr pak kiyai jd lebih tau.
Sip kelihatan bahagia dgn kesembuhan ibunyax bgt pula dgn mae.waktu nenek sakit mereka sempat g bisa tidur krn dulu nenek suka bangun malam2 bertingkah anaeh2.
Kemudian aku merenung sendiri teringat akan kata2ku kpd mae yg mengatakan nenek akn sulit sembuh trima aj dgn sabar dan iklas,sampek habis uang mae g bakalan sembuh .aku jadi malu sendiri kalo teringat omongan itu knp bisa bicara seperti itu…
Aku lupa kpd kalimat allah yang mengatakan setiap penyakit pasti ad obatnya..
Aku sdh trlalu yakin memfonis bhw penyakit nenek g bs sembuh..
Aku dgn sok taunya mengatakan kalo nenek berhalusinasi…
Alangkah jahatnya aku…
Semua itu salah besar…
Ternyata allah yang lebih mengetahui apa yang terjadi sesunguhnya..
Seharusnya aku memberi mae semngat akan kesembuhan nenek..
Menyuruhnya berdoa berusaha bersabar dan lain2 jg memberi motifasi akan ketabahn menjalani cobaan ini
Sebenarnya dari lubuk hati yang paling dalam aku ad benarnya menurutku.. berhentilah pergi kedukun dukun untuk mengobati penyakit nenek walau itu kemauan sinenek yang lebih prcaya dukun dr pd dokter
Aku mengingatkan inilah dampaknya kalau terlalu percaya dgn dukun atau istilahnya menurut mereka orang pintar..
Aku kasihan pd mereka berapa banyak uang mereka akan habis dgn hasil yang sia2 bahkan malah meninbulkan fitnah dgn mengatakan penyakit yg diderita nenek akibat ulh tetangga menurut dukun tsb..hal ini akan menimbulkan permusuhan yang tidak akan berahir..
Tapi kembali lagi memang aku aku aku jg salah memeknai penyakit yg diderita nenek yg mrupakan cobaan sekaligus ujian kpd umatnya
Ternyata kalo kita mau berusaha dan berdoa setiap penyakit pasti akan sembuh ada obatnya..
Tinggal sejauh mana orng trsebut mau berusaha,sungguh2 atau setengah2…
Tidak baik terlalu pasrah pada keadan sebelum berusaha untuk menjadi lebih baik..
Sebuah pelajaran yang sangat berharga yang aku dapat dr kejadian ini…ya allah ampuni aku…tunjukkan aku jalan terangmu..
Jadikan aku manusia yang bijak tidak mengeluh atas cobaan dan ujian yang engkau berikan…

@.nama bukan yg sbnarnya rekaan smata...cerita adlah nyata..

                                                                                                    @by_Jnal(2010)
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar: