Rabu, 18 Agustus 2010

Ada Kebaikan dibalik Hujan yang Deras dan Angin Badai

Ilustrasi
   Wah...hari ini hujan turun deras sekali seolah –olah apa yang ada dilangit seperti mau diturunkan semua.Apalagi masih ditambah angin yang bertiup sangat kencang..ehh..ditambah petir yg tak mau ketinggalan ikut mengeluarkan suara keras bergemuruh.Kilat juga ikut meramaikan suasana dengan sinarnya yang terang,wow..sungguh menakutkan aku.
  Hujan yang turun meliuk-liuk dibawa angin kekanan dan kekiri.Gila..suasana sangat mencekam.
Suasana yang seperti ini membuat aku berdoa dalam hati kepada allah agar segera menghentikan hujan yg terus menerus turun tampa henti.
Aku berdo'a karena aku takut akan trjadi sesuatu dirumahku,melihat kondisi rumah tempatku tinggal merupakan rumah kuno.Aku yakin penyangga atap rumahku sudah lapuk dimakan usia dan aku pikir mungkin saja ambruk terkena angin saat ini.

  Aku menyaksikan semuanya melalui jendela kaca didepan kamarku,tapi ketika aku sedang berdo'a tanpa sengaja mataku tertuju kearah tembok yang nyaris tidak terkena air hujan.Tapi bukan tembok itu yang menjadi perhatian mataku,tapi sederet pot bunga yang kecil-kecil bekas tempat cat plastik 1kg berjejer.Mungkin ada sekitar 30 pot yang didalamnya terdapat bunga tumbuh hanya dipenuhi dengan daunnya saja.Bunga itu jenis bunga yang ditumbuhi banyak daun.
  Aku perhatikan bunga itu dengan seksama,daunya terlihat kering agak layu dan warna daunnya sudah bayak yang berwarna coklat nyaris mati.Tanahya aku perhatikan juga kelihatan kering .
Setelah ku amati hampir semua tanaman di pot bernasip seperti itu…Aku terdiam langsung berhenti memanjatkan do'a…

  Kemudian aku melihat kearah hujan yang masih turun dengan deras-derasnya.Lalu aku kembali melihat kerah bunga di pot…
Aku mulai berbicara dalam hati jangan-jangan hujan yang dasyat ini karena doa bunga itu…hmmm..
Coba lihat saja semuanya nyaris mati karena daunnya terlihat kering.Hmm..seandainya hujan turun rintik-rintik dan tidak begitu deras tidak disertai angin bagai mana munkin akan terkena air hujan dan membasahi  mereka.

  Perlu diketahui bunga dalam pot itu terletak berjejer dibawah atap genteng agak kedalam dan agak tinggi dari atas tanah,jadi  percikan air hujan tidak akan bisa mengenai mereka.Kena tapi munkin sedikit tidak cukup untuk membasahi tanah didalam pot plastik itu…aaah malangnya…bunga ini.
Aku berpikir lagi..,hmmm aku yakin bunga itu pasti berdoa  agar hujan datang seperti ini atas keinginan mereka..
Dengan hujan datang disertai angin yang keras pasti akan mengenai mereka membuat tanah yang tadinya kering akan basah dan daun yang tadinya layu akan segar kembali terkena air hujan….
Pasti bunga itu berdoa agar hujan datang seperti ini agar ia juga merasakan kesegaran air sepeti mahluk hidup lainya yang tidak senasib seperti mereka.Bunga itu pasti kehausan butuh setes air untuk menghilangkan dahaganya yg berminggu-minggu tidak ia dapatkan karena tidak pernah disiram olehku.

  Ahh.. sungguh kasian bagaimana jika aku yg mengalami hal seperti ini..
Kemudian hatiku bebisik dan tersadar..ya allah.. dibalik kejadian ini ternyata ada kebaikan yang akan kau berikan kepada mahluk hidup ciptaamu lainya….
Ya..allah ampuni aku yang salah memaknai rahmatmu dengan diturunkan hujan yang deras seperti ini yang telah engkau berikan kepada kami.
Ya..allah ampuni aku karena aku telah menyia-nyiakan bunga dipot ini dengan tidak  merawat dan menyiramnya dengan baik.Aku memang menanamnya tapi aku membiarkanya layu nyaris mati tidak terurus.
Ya..allah maafkan aku membiarkanya brhari-hari bahkan berminggu-minggu tidak memperdulikan bunga ini karena kesibukanku.Ah.. sebenarnya tidak terlalu sibuk.

  Ya memang bunga di pot itu miliku akulah yang menanamnya…Aku sudah lama tidak memperdulikannya membiarkanya nyaris mati.
Kini aku tau bunga ini mahkluk hidup yang juga menuntut kehidupan yang baik seperti mahluk hidup lainnya.Aku akan berjanji akan menjaganya dan merawatnya.

  Ya allah ada pelajaran berharga yang telah ku dapat hari ini
  Pertama..
Tidak semua kejadian yang kita anggap buruk buat kita ternyata justru baik buat mahluk hidup lainnya
  Kedua..
Keadilan allah tidak saja terjadi pada manusia tetapi juga kepada mahluk hidup ciptaanya yang lain.
  Ketiga..
Semua bencana pasti tidak luput dari ulah manusia yang telah menyia-nyiakan alam di sekelilingnya..

Bungaku hidup segan mati tak mau

                                                                                                              @by.jnal effndy [desember2008]
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar: