Rabu, 18 Agustus 2010

ada dua cinta

Ada yang namanya TENDER LOVE atau Cinta dengan Kelembutan, dan ada yang namanya TOUGH LOVE atau Cinta dengan Kekerasan.

Kalau TENDER LOVE tentu anda semua SUDAH TAU seperti apa... Tapi Tough Love mungkin adalah sesuatu yang HARUS saya perjelas kepada anda.

Mengapa?

Karena TOUGH LOVE itu sangat PENTING bagi SIAPAPUN yang JARANG DISADARI oleh banyak orang.

Ingat saat anda kecil? Dimana kadang Ayah atau Ibu anda KERAS kepada anda? atau anda pernah melihat Orang Tua yang KERAS mendidik anaknya?... dan KEBANYAKAN dari kita justru bingung kenapa mereka KERAS?... Tidakkah mereka CINTA kepada kita?

Entah mengapa SELALU SAJA saya temui teman-teman lama saya yang DULUNYA dimanja, sekarang menjadi orang yang "hancur". Sebagian dari mereka ada yang menjadi pengguna Narkoba... ada juga yang menjadi Preman... ada juga yang SANGAT MALAS dan maunya hanya NGANGGUR dan MASIH tergantung sepenuhnya kepada orang tua mereka.

Dan teman-teman saya yang DULUNYA seperti KURANG BAHAGIA karena dididik CUKUP KERAS oleh orang tua mereka KINI menjadi orang SUKSES baik itu menjadi DOKTER, BISNIS MAN ataupun EKSEKUTIF MUDA yang dulu tampak SURAM masa depannya.

Hmm... ternyata TOUGH LOVE tidaklah SEKEJAM seperti yang kita lihat atau pikir... dan TOUGH LOVE yang saya maksud bukanlah tingkah laku ABUSIVE seperti orang tua yang MEMUKULI anaknya sampai SEKARAT, tapi DIDIKAN yang CUKUP KERAS yang MUNGKIN ada sedikit kekerasan FISIK tapi pada batas sewajarnya.

Dulu saya MERASA TERSIKSA dengan perilaku Ayah saya yang KERAS terharap saya yang BAHKAN SERING memukuli saya dengan sapu lidi karena dia mempunyai PRINSIP bahwa "Jika anak tidak dapat diajar, maka ROTAN yang berbicara"... dan Ibu saya SANGAT membela saya pada waktu itu. Walaupun demikian, semakin saya tumbuh dewasa, semakin saya MENGERTI mengapa Ayah saya melakukan itu...

Kita MANUSIA memiliki sebuah MEKANISME yang dinamakan KEBIASAAN atau HABIT yang jika TIDAK DIDIDIK, akan membuat kita KECANDUAN untuk melakukan KEBIASAAN yang sudah tertanam. Contohnya jika anda adalah PECANDU NARKOBA, maka akan SULIT untuk BERHENTI walaupun anda SUDAH SANGAT BERTEKAD BULAT bukan? Hmmm.... Perlu TERAPI untuk SANGAT MEMAKSA anda keluar dari KEBIASAAN tersebut bukan?... dan JIKA ANDA MANJAKAN kebiasaan tersebut, bukankah itu akan MERUSAK diri anda?

Ayah saya MELAKUKAN hal yang TAMPAK SALAH tapi dibalik itu hal yang dia lakukan SANGATLAH BENAR. Semakin saya TUMBUH DEWASA, semakin saya MEMAHAMI dan BERTERIMAKASIH atas PERHATIAN ayah saya yang *dengan sabar* MEMBERIKAN SAYA TERAPI yang terbaik yang pernah ada... Karena KADANG TEMAN TERBAIKPUN tidak sesabar itu MAU MEMBERIKAN ANDA TERAPI dengan MENEGUR, MENGINGATKAN ataupun "MEMECUT" anda DEMI KEBAIKAN ANDA SENDIRI dan atas dasar CINTA bukan?... Kadang TEMAN anda HANYALAH SEKEDAR PRIHATIN tapi tidak memberikan anda TOUGH LOVE.

Oleh karena itu, jika ADA ORANG yang memberikan anda TOUGH LOVE yang tampak KEJAM tapi dibalik itu dia lakukan karena KEPEDULIAN NYA kepada anda, maka BERTERIMAKASIHLAH kepada orang tersebut karena orang seperti itu JARANG ADANYA.

Jika ada orang yang SEPERTINYA agak keras, melawan arus dan "menyentil" anda, JANGAN LANGSUNG MARAH atau KESAL... tapi coba lihat dan Pikirkan baik-baik MOTIF nya. Apakah dia HANYA SEKEDAR cuap-cuap dan SEMBARANG KRITIK, atau dia melakukan itu karena KEPEDULIAN nya terhadap anda?

DAN... Jika ada orang yang TAMPAK MANIS, SELALU SETUJU dan JARANG MENGKRITIK anda, cobalah untuk berhati-hati karena BIASANYA hal tersebut akan BERUJUNG SANGAT TIDAK SEMANIS seperti yang anda pikirkan.

Jangan HANYA lihat apa yang TAMPAK, tapi lihat juga MOTIF dibaliknya.


Coba dan Lihat Hasilnya,

Ronald Frank
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar: