Senin, 04 Oktober 2010

Bosan bermain facebook

   Ahir-ahir ini aku malas mau membuka facebook ku.Entah kenapa facebook membuatku bosan.Setelah sekian lama bermain didunia facebook tidak ada sesuatu yang menarik lagi buat aku.Facebook bikin aku enggak asyik lagi.Banyak status-status tidak penting,lebay n bikin resek yang membuat aku malas buka facebook.Untuk saat ini facebook sudah membosankan

   Facebook aku akui memang banyak manfaatnya ,contohnya aku bisa ketemu teman-teman sekolah dulu,teman-teman di musik yang sudah lama tidak pernah ketemu.Terus aku juga bisa ketemu sama saudara-saudara sepupuku,ponakan-ponakanku,tante dan pamanku.Wah masih banyak lagi aku ketemu sama saudara-saudaraku yang lain.Pada hal aku sudah bertahun-tahun tidak mendengar kabar mereka sama sekali.Aku tidak tau seperti apa mereka sekarang.Memang sih.. senang banget kalau ketemu teman lama dan saudara yang sudah sekian lama tidak pernah ketemu sampai ahirnya sekarang sudah terjalin komunikasi lagi.

   Tapi selain manfaat facebook diatas banyak juga dampak negatif atau kejelekan bermain facebook.Yang kadang-kadang tidak disadari oleh kita.Aku pernah membaca status seorang cowok yang menuliskan hasrat sexsualnya terhadap pacarnya.Dia tidak berpikir bahwa tindakannya tersebut akan merusak nama baik pacarnya sendiri.Seluruh dunia akan tahu kalau cewek yang dia pacarinya sudah biasa melakukan (maaf)hubungan suami istri.Status pria tersebut banyak dikomentari teman-temanya tapi dia seolah-olah merasa bangga.Dia tidak berpikir seandainya ayah,paman,saudara dari kekasihnya tersebut membaca statusnya.Dia lupa kalau tulisan statusnya tersebut yang menceritakan hubungan sexsualnya dengan kekasih akan berdampak menjatuhkan wibawa dan harga diri dari kekasih wanitanya tersebut.Sekarang orang sudah tau seperti apa kelakuan mereka..tolol sekali.

   Aku juga pernah membaca coment seorang wanita yang telah bersuami yang terkesan menggoda dan memancing seorang pria agar tertarik padanya.Wanita tersebut tidak berpikir seandainya suami dia atau mungkin juga teman suaminya tau tentang comentnya kepada pria tersebut akan menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangganya.Apakah dia tidak berpikir comentnya yang menggoda tersebut bisa membuat orang menilai dia seorang wanita murahan dan gampangan.Yah memang banyak sekali kutemui ibu-ibu genit difacebook.

   Aku punya cerita yang berdasarkan pengalaman temanku sendiri.Ada cerita sepasang kekasih (temanku dan kekasihnya) yang nyaris hancur hubungan asmaranya yang telah berjalan sekian tahun lamanya hanya gara-gara facebook.Pemasalahannya bermula ketika seorang gadis yang sudah mempunyai pacar terlibat percakapan yang cukup intens dengan pria lewat facebook yang memakai fasilitas kirim pesan dan chat.Tanpa diketahui sigadis ternyata pacarnya mengetahui password facebook miliknya.Begitu pacar si gadis tanpa sengaja membuka facebook miliknya dia melihat di akun facebook milik kekasihnya terdapat banyak pesan yang ditujukan kepada kekasihnya dari seorang pria yang tidak dikenalnya,dan ternyata kekasihnya juga banyak membalas pesan kepada pria tersebut.Timbullah pertengkaran hebat yang nyaris meretakkan hubungan tersebut alias mau putus.Tangis dan air mata sumpah serapah mewarnai pertengkaran itu gara-gara facebook.Tapi untungnya masing-masing mau mengakui kekhilafannya sehingga hubungan tersebut tidak bubar.Oh ya hubungan mereka waktu itu itu berstatus tunangan bukan pacaran lagi.

   Kalau omongan-omongan kotor bin jorok sudah banyak sekali aku melihat di facebook baik itu status maupun coment.Ada yang malah nyaris berantem atau mungkin sudah terjadi soalnya waktu aku baca status seorang pria yang masih pelajar tersebut terlibat adu mulut di facebook dan berujung bertemu disuatu tempat akan berkelahi satu lawan satu katanya.Ha..ha..ha..sok jantan…memang jantan..he..he..

   Belum lagi akun-akun facebook yang menghasut,provokasi,menghina dan bernada rasis berjubel banyaknya.Sampai sampai bikin aku panas hati.Tapi aku berpikir ya sepert inilah dunia maya apapun bisa terjadi apapun bisa dibuat.Jangan kaget dan jangan heran...

    Nah sampai suatu ketika aku sudah sampai ketitik jenuh bermain facebook yang kurasakan sudah tidak ada manfaatnya lagi buat aku.Mulailah timbul kebosanan.Kayak yang sudah enggak penting lagi facebook buatku..(memang enggak penting he..he..).Kini akun facebookku sudah dinonaktifkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.Entah sampai kapan aku bosan sama facebook ini bisa hilang.Biarlah teman-teman dan saudara-saudaraku tidak mengetahui keberadaanku..(he..he..pada hal mereka memang enggak perduli aku ada apa enggak..GR..he..he).Jangan heran gadget TEMUKAN KAMI DI FACEBOOK dikanan blog ini tidak muncul soalnya facebookku sudah aku nonaktifkan.Maaf buat teman-teman yang sudah ngelike akun facebook tentang blog ini.

   Lalu apakah salah kita bermain facebook? Tidak ada yang salah kita bermain facebook,cuma aku sudah merasa bosan dengan coment-coment dan status-status yang enggak penting itu.Tapi saranku buat teman-teman yang membaca artikel ini hati-hati dalam menulis status dan coment.Apapun yang kita tulis kita harus siap menghadapi konsekwensi yang terjadi jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena status dan coment kita di facebook.Jadi sebelum kita mau coment dan menulis status hendaknya dipkir-pikir dahulu apakah mempuyai dampak negative buat kita atau tidak.
Kalau bisa sesuatu yang berifat pribadi dan privasi bagi kita dan orang lain tidak perlu diungkapkan di facebook.

   Yah namanya juga dunia maya semuanya bisa terjadi ada yang suka ada yang tidak.Facebook dibuat baik bisa dibuat jelek juga bisa tergantung kita masing-masing.

  bang J.Oktober2010
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar: